Selasa, 08 Oktober 2019

Main Mobile Game di IOS Lebih Lancar Dibandingkan Android

Sadar atau tidak sadar kita sering kali menganggap bahwa untuk dapat bermain game berat dengan lancar cukup dengan membeli HP atau tablet high-end yang kadang harganya fantastis, mengingat istilah “harga tidak mungkin bohong”. Namun apa benar dengan spesifikasi yang tinggi bisa menjamin hal tersebut?


Ternyata banyak orang yang sering merasa lag saat bermain di Android. Tidak peduli device yang digunakan adalah device paling mutakhir dengan spesifikasi “dewa”, sebut saja Xiaomi Mi 5, OnePlus 3, Samsung Galaxy S8, dan lainnya. Berbeda dengan mereka yang menggunakan produk Apple (IOS), jarang kita temui komplain terhadap kasus serupa. Menurut benchmark yang dilakukan oleh GFX 3.0 Manhattan, hingga saat ini belum ada produk Android yang mampu menyamai FPS yang dihasilkan oleh produk terakhir Apple (iPhone 7 Plus). Galaxy S8+ yang digadang-gadang sebagai produk andalan Samsung saja hanya mampu meraih 40 FPS, sedangkan iPhone 7 Plus berada di posisi teratas dengan 56 FPS. Padahal di atas kertas Galaxy S8 memiliki spek yang lebih canggih daripada iPhone 7 Plus.


Menurut informasi yang penulis kumpulkan dari berbagai sumber, penyebab utama produk IOS selalu lebih lancar adalah karena IOS begitu eksklusif. Apple hanya mengeluarkan beberapa varian iPhone dan iPad saja tiap tahunnya. Spesifikasinya pun selalu yang terbaik dan hanya beda tipis dari tiap varian. Hal ini tentu memudahkan para developer game untuk membuat dan mengembangkan produknya. Itu sebabnya game-game baru biasanya muncul lebih dulu di IOS. Berbeda dengan Android yang memiliki begitu banyak varian dan jenis device dari ratusan produsen.


Jika kita berada di pihak pengembang game pastinya sangat berat karena harus menguji aplikasi di sekian banyak device. Belum lagi spesifikasi yang jauh berbeda membuat kita harus mencari titik tengah supaya game dapat dimainkan secara optimal pada device low-end hingga high-end. Makanya kadang kita sering menemui beberapa opsi grafis yang muncul di IOS namun tidak kita jumpai di Android.

Hmmm, kira-kira kapan yah ada device Android yang bisa menyamai performa IOS? Kalaupun ada sepertinya bakal sangat mahal ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mode Deathmatch di PUBG Mobile 4 VS 4

Kini PUBG Mobile menjadi salah satu game battle royal survival yang sangat populer di Indonesia menyaingi FreeFire. Untuk memanjakan p...